Kiat-kiat menjalani ramadhan (1)

Mungkin kita semua merasa gembira di bulan yang suci ini, tapi terkadang kita terlupa ataupun terlalu asik dengan aktifitas kita sehingga ada berbagai hal yang berupa ibadah dilewatkan yang bisa berakibat kita lalai tuk melakukannya. Padahal kita semua sudah mengetahui bahwa ibadah apapun yang kita lakukan di bulan yang penuh rahmat ini akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda, Subbahanallah... Di bulan Ramadhan, pintu neraka ditutup dan pintu syurga dibuka lebar-lebar. Namun banyak orang gagal mendapatkan kemuliaannya.

doa semoga kita semua para blogger bukan termasuk di dalam kelompok orang yang gagal mendapatkan kemuliaan bulan yang suci ini, untuk itu kali ini koko akan berbagi;
Kiat-kiat menghindarinya gagalnya Ramadhan dan Insya Allah kita bisa terhindar dari semua ini.
  1. Kurang melakukan persiapan di bulan Sya'ban.

  2. Misalnya, tidak tumbuh keinginan melatih bangun malam dengan shalat tahajjud. Begitupun tidak melakukan puasa sunnah Sya'ban, sebagaimana telah disunnahkan Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa sallam.
    Dalam hadits Bukhari dan Muslim, dari Aisyah Radhiallaahu 'anha berkata;
    "Saya tidak pernah melihat Rasulullah berpuasa sebulan penuh selain di bulan Rama dhan, dan saya tidak pernah melihat beliau banyak berpuasa selain di bulan Sya'ban."
  3. Gampang mengulur sholat fardhu.
  4. "Maka datanglah sesudah mereka, pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan shalat dan memperturutkan hawa nafsunya, maka kelak mereka akan menemui kesesatan kecuali orang-orang yang bertaubat dan beramal shalih."(Maryam: 59)
    "Celakalah bagi orang-orang yang shalat, yaitu orang-orang yang lalai
    dalam shalatnya."(Al-Ma'un: 4-5)
    Menurut Sa'id bin Musayyab, yang dimaksud dengan tarkush-shalat(meninggalkan shalat) ialah tidak segera mendirikan shalat tepat pada waktunya. Misalnya menjalankan shalat zhuhur menjelang waktu ashar, ashar menjelang maghrib, shalat maghrib menjelang isya, shalat isya menjelang waktu subuh serta tidak segera shalat subuh hingga terbit matahari.
    Orang yang bershiyam Rama dhan sangat disiplin menjaga waktu shalat, karena nilainya setara dengan 70 kali shalat fardhu di bulan lain.

  5. Malas menjalankan ibadah-ibadah sunnah.
  6. Termasuk di dalamnya menjalankan ibadah shalatul-lail. Mendekatkan diri kepada Allah dengan melaksanakan ibadah-ibadah sunnah merupakan ciri orang yang shalih.
    "Sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang bersegera dalam mengerjakan perbuatan-perbuatan baik dan mereka berdoa kepada Kami dengan harap dan cemas. Dan mereka adalah orang-orang yang khusyu' kepada Kami." (Al-Anbiya:90)
    "Dan hamba-Ku masih mendekatkan diri kepada-Ku dengan ibadah-ibadah sunnah, sampai Aku mencintainya." (Hadits Qudsi)
  7. Kikir dan rakus pada harta benda.
  8. Takut rugi jika mengeluarkan banyak infaq dan shadaqah adalah tandanya. Salah satu sasaran utama shiyam agar manusia mampu mengendalikan sifat rakus pada makan minum maupun pada harta benda, karena ia termasuk sifat kehewanan (Bahimiyah). Cinta dunia serta gelimang kemewahan hidup sering membuat manusia lupa akan tujuan hidup sesungguhnya.

  9. Malas membaca Al-Qur'an.
  10. Rama dhan juga disebut Syahrul Qur'an, bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an. Orang-orang shalih di masa lalu menghabiskan waktunya baiksiang maupun malam Rama dhan untuk membaca Al-Qur'an.
    "Ibadah ummatku yang paling utama adalah pembacaan Al-Qur'an." (HR Baihaqi)
    "Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al Quran dan mengajarkannya".(HR Bukhari)

ngantuk koko ngantuk neh bsok insya ALLAH di lanjut lagee deh

5 komentar:

Riri mengatakan...

kiat2nya bagus ko...bunda mau dongg dapet kemuliaan bulan puasa ini...( oh ya kiat supaya enggak males masak ada nggak ya ha.ha

Anonim mengatakan...

Seharusnya Ramadhan dijadikan 'ruang' untuk menempa diri agar lebih baik dlm mendekatkan diri kpd Allh swt, lalu 'modal' tempaan selama 1 bln ini langsung diaplikasikan pd 11 bln lainnya.

Acyhome mengatakan...

postingan yang bagus jadi bisa bercermin nich :)

Anonim mengatakan...

menarik...
salam kenal

koko mengatakan...

@bunda;oh ada bunda...dengan berusaha ikhlas insya ALLAH bunda akan rajin,sebab masak itu adalah ibadah karena bunda telah memasak buat keluarga yang sedang berpuasa.

@h4rris; yah memang kita harus berusaha
@faisol;trima kasih kunjungan dan ilmunya
@acy;semoga bisa seperti itu
@frendli;salam kenal

Posting Komentar

 

Top Komentator

Dictionary

Im'koko is proudly powered by Blogger.com |
Foto Saya
Foto Saya
Foto Saya
Foto Saya
Foto Saya