PILKADA JATIM KEMUNGKINAN DUA PUTARAN

Surabaya: Jutaan warga Jawa Timur serentak telah mencoblos untuk memilih gubernur dan wakil gubernur periode 2008-2013. Pilkada Jatim yang disebut-sebut sebagai terbesar dalam pilkada di Tanah Air ini diikuti lima pasang calon. Sedangkan jumlah pemilih tetap tercatat mencapai 29.045.722 dari jumlah penduduk 37.070.731 jiwa.

Berdasarkan mekanisme quick count atau penghitungan cepat yang digelar Lembaga Survei Indonesia bersama Metro TV, pasangan Soekarwo dan Saifullah Yusuf bersaing ketat dengan pasangan nomor urut satu, Khofifah Indar Parawansa-Mudjiono. Data yang masuk sekitar 70 persen, Soekarwo-Saifullah Yusuf dari Partai Amanat Nasioanal dan Partai Demokrat serta Partai Keadilan Sejahtera ini meraih suara 27,54 persen. Sedangkan pasangan Khofifah-Mudjiono yang didukung koalisi 12 partai politik meraih 25,42 persen suara.Sementara itu, pasangan yang dijagokan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Sutjipto-Ridwan Hisjam berada di urutan tiga perolehan suara. Pasangan bernomor urut dua ini mendapat 21 persen. Tempat keempat diisi pasangan nomor urut tiga Soenarjo-Ali Machsan Musa. Pasangan yang didukung Partai Golongan Karya ini meraih 18,58 persen suara. Posisi paling buncit diisi pasangan yang dijagokan Partai Kebangkitan Bangsa, Achmady-Soehartono. Mereka hanya meraih 7,47 persen. Konflik internal PKB diduga kuat penyebab minimnya perolehan suara pasangan ini.

Dengan perolehan suara tadi, Direktur Eksekutif LSI Saiful Mujani memperkirakan pelaksanaan Pilkada Jatim bisa dilakukan dua putaran. Pasalnya, perolehan suara calon tidak sampai 30 persen. Pasangan calon yang akan maju dalam putaran dua adalah pasangan Khofifah-Moedjiono dan Soekarwo-Saifullah Yusuf.

Ketika dimintai tanggapannya, Khofifah mengaku dirinya dan tim sukses sudah berusaha dan berjuang serta berdoa. Dia meyakini masih akan ada penambahan suara. Khofifah mengaku, perolehan suara dirinya yang cukup pesat, bukan hanya dari hasil waktu kampanye yang disediakan Komisi Pemilihan Umum. Khofifah meyakini bahwa masyarakat Jatim sudah cukup mengenalnya dari aktivitas sosial yang selama ini sudah dijalani

sumber;Metrotvnews.com

2 komentar:

Unknown mengatakan...

jagonya menang pa kalah neh cak? Jateng dah slesei sbulan yll. salam kenal dr semarang

koko mengatakan...

@gus;wah saya tidak ikut menjagokan karena saya bukan pemilih tetap di jatim,saya khan hanya warga pendatang.

Posting Komentar

 

Top Komentator

Dictionary

Im'koko is proudly powered by Blogger.com |
Foto Saya
Foto Saya
Foto Saya
Foto Saya
Foto Saya